Adab Muslim Di Media Soaial

Hampir semua orang tau dengan media sosial dan juga menggunakannya. Tapi tidak banyak yang tau adap adap kita dalam menggunakan media sosial agar memberi manfaat untuk kita di dunia dan akhirat. Pada kesempatan kali ini zakir tutorials Islami akan berbagi Adap kita menggunakan media sosial diantaranya  Pertama :    Dalam menggunakan media sosial berniatlah karena lillahi ta’ala dan  berusaha untuk menggapai ridha Allah agar yang kita lakukan mendapat pahala    (إنما الأعمال بالنيات ) الحديث.    "sesungguhnya hukum dan pahala dari perbuatan manusia tergantung niat”.    Ke-2 :    Menulis adalah amanah yang akan diminta pertanggungjawabannya di akhirat.  Jangan sampai menulis menjadi sebab kita ke neraka.    {فَوَيْلٌ لَهُمْ مِمَّا كَتَبَتْ أَيْدِيهِمْ} [البقرة: 79]    “Maka kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang ditulis oleh tangan mereka sendiri”.    Ke-3 :    selalu merasa diawasi Allah ketika menulis status, meng-upload dan download atau membagikan alias meng-share artikel orang lain    {وَإِنَّ عَلَيْكُمْ لَحَافِظِينَ (10) كِرَامًا كَاتِبِينَ (11) يَعْلَمُونَ مَا تَفْعَلُونَ } [الانفطار: 10 - 12]    “sungguh banyak malaikat yang selalu mengawasi kalian, para malaikat itu selalu mencatat perbuatan"kalian, mreka mengetahui semua perbuatan kalian.    Ke-4 :    Menyebarkan hal yang bermanfaat dan mempunyai tujuan baik, berupa; ilmu, amar ma’ruf, nahi munkar dan nasehat.    {وَقُولُوا لِلنَّاسِ حُسْنًا} [البقرة: 83]    “serta berkata yang baik kepada manusia“.    ke-5 :    Jadilah seperti lebah. Hanya mengambil yang baik dan tidak memberi kecuali yang baik.  Diantara taqarrub kepada Allah dengan media sosial adalah; menyebarkan ayat Al-Quran dan tafsirnya, menyebarkan hadist dan syarahnya.    Ke-6 :     Jangan menulis status yang tidak bermanfaat, seperti “keluar dari rumah" “makan siang" dengan karena hal tersebut membuang waktu kita dan waktu pembaca.    Ke-7 :    Jangan jadikan media sosial sebagai pembunuh keikhlasan, jauhi riya “alhamdulillah, atas nikmat allah hari ini saya tahajjud 12 rakaat.    قال النبي  صلى الله عليه وسلم  من سمع سمع الله به ومن يرائي يرائي الله به (صحيح البخاري ج5/ص2383)    Barang siapa ingin didengar orang, Allah jadikan didengar orang, dan di akhirat tidak mendapatkan apa-apa. Demikian pula barang siapa ingin dilihat orang, Allah mewujudkannya, dan di akhirat tidak mendapatkan apa-apa.
Sumber Youtube Zakir Tutorial Islami


Hampir semua orang tau dengan media sosial dan juga menggunakannya. Tapi tidak banyak yang tau adap adap kita dalam menggunakan media sosial agar memberi manfaat untuk kita di dunia dan akhirat. Pada kesempatan kali ini zakir tutorials Islami akan berbagi Adap kita menggunakan media sosial diantaranya

Pertama :
Dalam menggunakan media sosial berniatlah karena lillahi ta’ala dan  berusaha untuk menggapai ridha Allah agar yang kita lakukan mendapat pahala

(إنما الأعمال بالنيات ) الحديث.

"sesungguhnya hukum dan pahala dari perbuatan manusia tergantung niat”.

Ke-2 :
Menulis adalah amanah yang akan diminta pertanggungjawabannya di akhirat.

Jangan sampai menulis menjadi sebab kita ke neraka.

{فَوَيْلٌ لَهُمْ مِمَّا كَتَبَتْ أَيْدِيهِمْ} [البقرة: 79]

“Maka kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang ditulis oleh tangan mereka sendiri”.

Ke-3 :
selalu merasa diawasi Allah ketika menulis status, meng-upload dan download atau membagikan alias meng-share artikel orang lain

{وَإِنَّ عَلَيْكُمْ لَحَافِظِينَ (10) كِرَامًا كَاتِبِينَ (11) يَعْلَمُونَ مَا تَفْعَلُونَ } [الانفطار: 10 - 12]

“sungguh banyak malaikat yang selalu mengawasi kalian, para malaikat itu selalu mencatat perbuatan"kalian, mreka mengetahui semua perbuatan kalian.

Ke-4 :
Menyebarkan hal yang bermanfaat dan mempunyai tujuan baik, berupa; ilmu, amar ma’ruf, nahi munkar dan nasehat.

{وَقُولُوا لِلنَّاسِ حُسْنًا} [البقرة: 83]

“serta berkata yang baik kepada manusia“.


ke-5 :
Jadilah seperti lebah. Hanya mengambil yang baik dan tidak memberi kecuali yang baik.

Diantara taqarrub kepada Allah dengan media sosial adalah; menyebarkan ayat Al-Quran dan tafsirnya, menyebarkan hadist dan syarahnya.


Ke-6 :
 Jangan menulis status yang tidak bermanfaat, seperti “keluar dari rumah" “makan siang" dengan karena hal tersebut membuang waktu kita dan waktu pembaca.


Ke-7 :
Jangan jadikan media sosial sebagai pembunuh keikhlasan, jauhi riya “alhamdulillah, atas nikmat allah hari ini saya tahajjud 12 rakaat.

قال النبي  صلى الله عليه وسلم  من سمع سمع الله به ومن يرائي يرائي الله به (صحيح البخاري ج5/ص2383)
Barang siapa ingin didengar orang, Allah jadikan didengar orang, dan di akhirat tidak mendapatkan apa-apa. Demikian pula barang siapa ingin dilihat orang, Allah mewujudkannya, dan di akhirat tidak mendapatkan apa-apa.

Untuk Meliat Animasi Penjelasan Tentang Adab Muslim Di Media Soaial
Simak Saja Video Ini :



Comments

  1. Masya Allah Sangat Terinpirasi,,,trimakasih Admin Sudah Berbagi

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Bijak Dan Bermanfaat Bagi Orang LAin